Wujudkan Belajar Mengajar Yang Layak, Ruang Guru Beri Bantuan Sosial Pendidikan

banner 468x60
Bagikan:

Jakarta – Selama pandemi COVId-19 berlangsung, statup edutech (education technology) Ruangguru mengklaim telah membantu lebih dari 12 juta masyarakat di seluruh Indonesia melalui berbagai macam bantuan sosial pendidikan.

Upaya ini diwujudkan agar para pelaku pendidikan tetap memperoleh akses belajar mengajar yang layak di tengah keterbatasan selama pandemi.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Inisiatif sosial yang telah dilaksanakan meliputi dukungan untuk sektor pendidikan menanggapi pandemi, pelatihan dan peningkatan kapasitas guru, beasiswa pendampingan belajar bagi siswa, pendampingan persiapan kerja, dan pengembangan konten-konten literasi sosial bagi guru dan siswa.

Akibat pandemi, lebih dari 19 juta pelaku pendidikan di Indonesia diharapkan memperoleh bantuan pendidikan dari pemerintah. Setidaknya Ruangguru turut berkontribusi dengan membantu lebih dari 50 persen pelaku pendidikan yang ditargetkan menerima bantuan pendidikan.

Ada 12 juta masyarakat Indonesia yang memanfaatkan bantuan pendidikan Ruangguru terdiri atas guru, siswa, sekolah, anak-anak tenaga medis, anak-anak yatim piatu, dan anak-anak kurang mampu di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).

Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, mengungkapkan, “Kami bersyukur bahwa di tahun 2020 Ruangguru dapat mempertahankan komitmen untuk tetap memberikan dampak sosial yang nyata bagi lebih dari 12 juta masyarakat Indonesia di 34 provinsi, tak terkecuali di daerah 3T, misalnya Sorong dan Sangihe.”

“Tentunya kepedulian ini akan terus dilanjutkan di tahun ini dan masa mendatang mengingat masih banyak pelaku pendidikan yang membutuhkan uluran tangan kita,” tambah Belva.

Lebih lanjut, Program pelatihan guru gratis dengan metode blended learning selama satu tahun telah diikuti lebih dari 2.000 guru di 14 kabupaten/kota di 11 provinsi.

READ  Islam Cenderung Mendiskriminasi Wanita? Simak Penjelasannya

 

Berdasarkan hasil Try Out Uji Kompetensi Guru (TO UKG), rata-rata guru yang telah mengikuti program pelatihan mengalami peningkatan kompetensi sebesar 32,4%.

Sebanyak 5.000 siswa SD hingga SMA di 200 kabupaten/kota di 29 provinsi memperoleh program beasiswa pendampingan akses belajar online. 79 persen siswa penerima bantuan ini lolos seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sekitar 100 konten literasi sosial Ruangguru telah diakses oleh lebih dari 2,4 juta masyarakat. Seluruh konten edukatif ini dapat diakses secara gratis melalui aplikasi Ruangguru. Beberapa konten yang dikembangkan misalnya cerdas berinternet, kesehatan remaja, kesetaraan gender, dan pendidikan karakter.

Melalui program kesiapan kerja, Ruangguru memberikan program beasiswa bimbingan intensif yang diikuti oleh lebih dari 16.000 masyarakat umum, mahasiswa, dan profesional di 34 provinsi. Lebih dari 22 persen peserta langsung mendapat pekerjaan setelah menyelesaikan program ini.

Ruangguru juga turut menghadirkan berbagai program sosial di bidang pendidikan yang juga terdampak pandemi. Lebih dari 10 juta siswa di seluruh Indonesia memanfaatkan Sekolah Online Ruangguru Gratis.

“Selain itu, Ruangguru juga memberikan akses belajar gratis kepada puluhan ribu anak yatim piatu di 34 provinsi dan 800 anak-anak tenaga medis,” ucap Belva.

banner 300x250
Bagikan:

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *