fbpx
Minggu, 23 Juni 2024

Rapat Paripurna, Anggota DPR Kenakan Syal Palestina

Share

Jakarta (SI Online) – Ada yang berbeda dalam Rapat Paripurna ke-8, Masa Persidangan II, di Gedung Nusantara II, DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Hal ini karena Anggota DPR yang hadir mengenakan syal Palestina. Mereka menerima syal itu sebelum memasuki ruang sidang. Satu per satu Anggota DPR RI dikalungi sebuah syal khusus. Sebuah syal bermotif Bendera Palestina, sebagai simbol dukungan tegas DPR RI terhadap kemerdekaan negara berjuluk Tanah Kan’an itu.

Sejak pukul setengah 10 pagi, syal tersebut secara terhormat diberikan oleh Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Indonesia-Palestina DPR RI Syahrul Aidi Maazat.

Seperti dilansir situs dpr.go.id, sejumlah anggota Dewan dari berbagai fraksi mendapatkan kehormatan mengenakan syal berjenis kain wol.

Di antaranya, yaitu Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang, Anggota Komisi V DPR RI Harvey B. Malaihollo, Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka dan Anggota Komisi VII DPR RI Ribka Tjiptaning yang berasal dari Fraksi PDI-Perjuangan); Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sugiono (Fraksi Partai Gerindra); Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena, Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska dari Fraksi Partai Golkar.

Lalu, Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Adang Daradjatun, Anggota Komisi I DPR RI Jazuli Juwaini serta Anggota Komisi VIII DPR RI yang juga Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid dari Fraksi PKS.

Seluruh anggota Parlemen pun dengan sangat antusias menerima kehormatan pengalungan syal itu. Pengalungan syal berjalan dengan hangat, nampak usai pengalungan, segenap Anggota DPR RI berfoto bersama Syahrul Aidi Maazat selaku Ketua GKSB Indonesia-Palestina DPR RI itu didampingi bersama CEO Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban (YPSP) Dr. Ahed Abu Al Atta.

Dalam keterangannya, Syahrul menjelaskan dalam pembukaan masa sidang pasca berakhirnya reses ini, tercetus inisiatif sebuah momen spesial pengalungan syal tersebut sebagai simbol dukungan solidaritas kepada rakyat Palestina, di mana tercatat hingga saat ini sudah lebih dari 10.000 warga Palestina tewas akibat serangan Israel.

“Bukti wujud dari solidaritas kita itu khususnya Anggota Parlemen dalam memakai syal Palestina dan juga sebagai Ketua Grup Kerja Sama Bilateral Indonesia-Palestina, kami akan menyampaikan sikap dan dukungan kepada Pemerintah yang baru-baru ini kita dengar bahwa Ibu Menteri Retno Marsudi dalam Sidang PBB menyatakan sangat tegas sekali dukungan terhadap Palestina,” ujar Syahrul.

“Dan tentu kita Parlemen juga memberikan dukungan itu. Teman-teman di BKSAP juga dalam sidang-sidang IPU kemarin juga memberikan resolusi untuk penanganan kasus Israel-Palestina. Dan ini adalah dari gerakan kita inisiatif dari GKSB Indonesia-Palestina,” lanjut Syahrul yang juga Anggota BKSAP DPR RI ini.

Politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini menegaskan Indonesia tidak akan pernah bosan untuk menyuarakan kemerdekaan Palestina. Terbukti, dalam berbagai pertemuan baik regional maupun internasional di sidang-sidang Parlemen.

Bahkan terakhir, ungkapnya, Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon beserta segenap Pimpinan BKSAP DPR RI lainnya yang hadir dalam Sidang Umum ke-147 Inter-Parliamentary Union (IPU) di Kota Luanda, Angola, untuk menyerukan dukungan kepada Palestina.

1 2Laman berikutnya

Sumber Klik disini

Tinggalkan Balasan

Table of contents

Read more

Berita lainnya