fbpx
Kamis, 30 Mei 2024

Mesir: Israel Harus Tanggung Jawab Atas Bencana Kemanusiaan di Jalur Gaza

Share

Kairo (SI Online) – Mesir menyebut Israel harus bertanggung jawab atas bencana kemanusiaan yang dihadapi warga Palestina di Jalur Gaza.

“Israel bertanggung jawab penuh atas bencana kemanusiaan yang dihadapi warga Palestina di Jalur Gaza,” kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Mesir.

Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry pada Selasa (14/5) mengecam kebijakan Israel yang “memutarbalikkan fakta dan menghindari tanggung jawab,” kata pernyataan itu.

Shoukry menganggap “kendali Israel di sisi Palestina pada perbatasan Rafah, operasi militer di sekitar terminal, dan bahaya yang diakibatkan terhadap pekerja bantuan dan pengemudi truk” menjadi alasan utama kegagalan membawa bantuan melalui penyeberangan Rafah.

Dia juga mengecam keras “upaya Israel yang bersungguh-sungguh untuk mengalihkan tanggung jawab ke Mesir atas krisis kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Jalur Gaza.”

Pekan lalu, Israel merebut perbatasan Rafah di sisi Palestina, yang merupakan jalur penting bagi bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza, hingga menyebabkan seluruh penduduk wilayah tersebut berada di ambang kelaparan.[]

Sumber: Anadolu

Sumber Klik disini

Tinggalkan Balasan

Table of contents

Read more

Berita lainnya