Said Nursi Tokoh Sufi yang Kembangkan Ilmu Psikologi Pendidikan Islam

Said Nursi, tokoh islam (foto: istimewa)
banner 468x60
Bagikan:

Psikologi pendidikan islam merupakan ilmu yang mempelajari jiwa manusia dengan berbagai aspeknya. Didalamnya terdapat ajaran berdasarkan Al quran, al Hadits dan pendapat para ulama.

Ilmu pengatahuan ini banyak dipakai terutama oleh pendidik dalam menentukan strategi atau metode pembelajaran yang tepat dan sesuai. Selain itu mereka juga harus bisa mengaitkan dengan karakteristik dan keunikan individu dengan jenis belajar yang akan di terapkan kepada siswa sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Pemikiran pengetahuan ini ternyata hasil dari salah satu tokoh sufisme pada abad 19 bernama Said Nursi. Kontribusinya cukup besar dalam pengembangan keilmuan psikologi pendidikan islam (PPI).

Mahasiswa doktoral Program Studi Doktor Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Abdul Gaffar sebut menemukan keunikan Said Nursi dibandingkan dengan tokoh lain.

“Dalam memahami diri dalam bentuk ke-aku-an pada manusia, menurut Said Nursi melalui makna ismi dan makna harfi,” ucapnya.

Said Nursi berpendapat, manusia memiliki beberapa kodrat. Diantaranya kodrat rabbani, rohani, jasmani, dan nafsani. Keempat kodrat tersebut berdampak pada hirarki pemenuhan kebutuhan hingga menuju kebutuhan puncak yang bersifat spiritual.

Gaffar menambahkan, dalam aktulisasi manusia diwujudkan pada peran-peran dalam kehidupan di antaranya peran sebagai khalifah, hamba, sebagai pribadi, sebagai anggota keluarga, sebagai warga negara.

Secara emosional, pemikiran Said Nursi sangat dekat dengan tipikal warga Indonesia apalagi akhir-akhir ini memang memerlukan revolusi spiritual. Terutama pada aspek pengembangan diri dalam kehidupan.

Pernyataan itu ia sampaikan saat mepresentasikan disertasinya yang berjudul “Aktualisasi Diri menurut Bediuzaaman Said Nursi (18-77-1960) dalam Risalah Al-Nur. Ia mampu mempertahankan temuan-temuan akademis tersebut didepan para penguji.

banner 300x250
Bagikan:
READ  Menguji Keimanan Dengan Isra' Mi'raj

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *