‘Quo Vadis, Aida?’, Film Pembantaian Muslim Bosnia yang Masuk Nominasi Oscar

Potongan adegan trailer film 'Qui Vadis, Aida?'. (Foto: Tangkap layar video kanal youtube International Film Festival Rotterdam)
banner 468x60
Bagikan:

Jakarta – Sebuah film Bosnia yang berjudul ‘Quo Vadis, Aida?‘ lolos menjadi nominasi untuk kategori Film Fitur Internasional di Oscar tahun ini. Film yang menggambarkan tentang tragedi pembataian Srebrenica ini akan bersaing dengan empat nominasi lain.

sutradara Jasmila Zbanic menegaskan, upaya ini dapat membantu publik mengungkap fakta-fakta yang terjadi.

Bacaan Lainnya

banner 300250

“Publik yang tidak memiliki pengetahuan tentang Srebrenica sebelumnya, sekarang akan melihat film ini dan tidak akan pernah bisa melupakan apa yang terjadi. Tentu, film ini sangat penting,” katanya kepada portal radiosarajevo.ba.

“Melalui ini, saya mencoba mengungkap bahwa lebih dari seribu orang dari Srebrenica masih belum ditemukan. Banyak ‘Aida’ lain yang masih hidup, sedang menunggu temuan tulang anak mereka untuk menguburkannya,” tambahnya, seperti dilansir Reuters, Selasa (16/3/2021).

Presiden asosiasi Srebrenica, Munira Subasic juga menggemakan komentar untuk karya Zbanic ini. Munira sendiri kehilangan seorang putra dan suami dalam pembantaian tersebut bersama 22 kerabat dekat lainnya.

“Nominasi Oscar sangat penting karena selama 26 tahun terakhir kami mencari kebenaran dan menunggu keadilan,” katanya.

Untuk diketahui, film “Quo Vadis, Aida?” juga telah dinominasikan tahun ini untuk British Academy Film Awards (BAFTA) dalam kategori film non-Inggris terbaik. Sedangkan Zbanic telah dinominasikan sebagai sutradara terbaik.

Nantinya, Oscar penghargaan tertinggi di industri film akan diberikan pada 25 April di sebuah upacara di California.

Dalam film tersebut, Zbanic menggambarkan awal mula pembantaian lebih dari 8 ribu pria dan anak laki-laki Muslim oleh pasukan Serbia Bosnia melalui penerjemah wanita yang bekerja di pangkalan PBB di daerah Srebrenica, sebuah kota di Bosnia timur.

Penerjemah bernama Aida, diperankan oleh aktris Serbi Jasna Djuricic, harus berjuang untuk menyelamatkan suami dan dua putranya di tengah kebingungan dan impotensi para pejabat PBB saat pasukan Jenderal Ratko Mladic Serbia Bosnia maju.

Pada 2017, pengadilan kejahatan perang PBB di Den Haag memenjarakan Mladic seumur hidup karena dianggap bertanggung jawab atas konflik Bosnia.

(Afg/IJS)

READ  Benarkah Muhammadiyah Akan Bikin Bank Syariah
banner 300x250
Bagikan:
Editor: Al-Afgani Hidayat

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *