Pengunjuk Rasa Tuntut Pasukan AS Segera Tinggalkan Irak

Warga Irak memegang plakat yang bergambar Soleimani dan al-Muhandis saat acara peringatan pertama kematian mereka di Baghdad/Ilustrasi. Foto: Khalid Al-Mousily.
banner 468x60
Bagikan:

Jakarta – Ribuan pelayat Irak mengutuk “penjajah Amerika” setahun setelah serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat menewaskan jenderal terhormat Iran Qassem Soleimani dan komandan milisi Irak Abu Mahdi al-Muhandis. Mereka menuntut AS segera meninggalkan Irak.

Hal itu terungkap pada acara peringatan kematian Qassem dan al-Muhandis, Minggu (3/1/2021).

Bacaan Lainnya

banner 300250

Dalam acara tersebut, kepala Hashd al-Shaabi atau Pasukan Mobilisasi Populer (PMF), Faleh al-Fayyad, bersumpah akan membalas kejahatan Amerika Serikat itu dan menyerukan agar pasukan AS segera meninggalkan Irak.

Charles Stratford dari Al Jazeera melaporkan, para pengunjuk rasa Irak menuntut penarikan segera dan semua pasukan AS yang tersisa di Irak.

“Mereka juga menuntut kelanjutan dari jenis retorika panas yang telah kami dengar dalam beberapa hari sekitar peringatan pembunuhan pemimpin Pengawal Revolusi, Qassem Soleimani. Mereka menuntut dan menjanjikan balas dendam,” katanya, dari Alun-alun Tahrir Baghdad.

Jalan-jalan menuju Lapangan Tahrir di Baghdad tengah dipenuhi dengan ribuan pengunjuk rasa yang berkumpul di lokasi itu sejak Minggu pagi.

Selain di Baghdad, peringatan kematian mereka juga dilaksanakan di Iran, Lebanon, Yaman, dan tempat lain di Timur Tengah. Hal itu membawa musuh bebuyutan AS dan Iran ke ambang perang.

Para pengunjuk rasa mengangkat foto Soleimani dan al-Muhandis, serta mengibarkan bendera Irak.

Mereka juga membawa spanduk dengan slogan-slogan yang menuntut penarikan pasukan AS dari Irak dan meneriakkan pembalasan terhadap mereka yang melakukan pembunuhan.

(Afg/IJS)

READ  Ambil Alih dari Polandia, Turki Pimpin Pasukan Penting Nato pada 2021
banner 300x250
Bagikan:
Editor: Al-Afgani Hidayat

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *