Kabar Duka dari Bumi Serambi Mekkah, Ulama Sepuh Aceh Meninggal Dunia

Habib Muhammad al-Attas. Foto: Dokumentasi islam.nu.or.id
banner 468x60
Bagikan:

Jakarta – Ulama sepuh Aceh al-Habib Muhammad bin Achmad Simpang Ulim telah meninggal dunia di Gampong Pucok Alue Dua, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur sekitar pada pukul 00.00 WIB, Senin, (18/1/2021).

Innalilahi wa Inna ilaihi raji’un. Salah seorang ulama sepuh dari bumi Serambi Mekkah, Aceh meninggal meninggal dunia.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Berita kepergian keturunan Rasulullah saw. ini begitu cepat tersebar via media sosial atau WhatsApp. Dikabarkan ia baru saja meresmikan Masjid Ba’lawi ke-5 di dunia.

“Innalilahi wa Inna ilaihi raji’un, telah meninggal dunia Habib Muhammad bin Achmad al-Attas Simpang Ulim, Senin, Jam 00.00 Wib, 18 Januari 2021,” kata Sayed Ali Tumpok Teungeuh yang dikutip WA-nya.

Informasi ini dibenarkan oleh Habib Afas salah seorang asisten Habib Muhammad bin Achmad al-Attas.

“Benar Habib Muhammad bin Achmad al-Attas Simpang Ulim telah berpulang ke rahmatullah,” ungkapnya melalui WhatsApp kepada media, Senin, (18/1/2021)

Saat ditanyakan mengenai kepastian dikebumikannya di pekarangan masjid Ba’lawi atau perkuburan keluarga Habib Muhammad, Habib Afas menjawab akan dikebumikan di pekarangan masjid Ba’lawi.

“Perkarangan masjid Ba’lawi,” jawab Habib Afas singkat saat memberikan jawaban tersebut.

Informasi yang dihimpun media ini dan dikutip dari tulisan Habib Maksin bin Achmad Alatas (lintas Atjeh) menyebutkan, sosok al-Habib Muhammad bin Achmad al-Attas dilahirkan pada hari Minggu atau malam Senin 18 Rabiul Awal 1361 (03 Mei 1942) di Dusun Jeruk, Gampong Pucok Alue Dua, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur.

Tentunya kelahiran dan meninggalnya Habib Muhammad al-Attas Simpang Ulim pada hari yang sama. Habib Muhammad dilahirkan dari pasangan yang bernama AlHabib Achmad bin Husin al-Attas, ibundanya Syarifah Asyura binti Hasan al-Kaff. Habib Muhammad mempunyai lima saudara yang semuanya meninggal sebelum Habib Muhammad menanjak dewasa.

(Afg/IJS)

READ  Kritik Maklumat Kapolri, Usman Hamid: Sudah Seperti Melarang Simbol Nazi Saja
banner 300x250
Bagikan:
Editor: Al-Afgani Hidayat

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *