fbpx
Minggu, 16 Juni 2024

Alumni Arab Saudi Siap Jadi Jembatan Indonesia-Arab Saudi

Share

JAKARTA-Alumni Arab Saudi se-Indonesia menggelar silaturahmi dan halal bihalal Idulfitri 1445 Hijriah di Hotel Four Seasons Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Acara ini dihadiri 150 peserta yang merupakan alumni dari sejumlah universitas Arab Saudi.

Ketua Umum Alumi Arab Saudi se-Indonesia KH Bachtiar Nasir mengungkapkan tujuan dari kegiatan tersebut.

“Tujuannya mengoptimalkan peran alumni terutama kaitan antara dua negara Indonesia dan Saudi Arabia,” ungkap KH Bachtiar Nasir yang karib disapa UBN.

BACA JUGA: Arab Saudi Perlahan Hapus Materi Anti-Israel dari Buku Pelajaran

Para alumni Arab Saudi di Indonesia, lanjut UBN, diharapkan menjadi jembatan untuk terjalinnya hubungan budaya dan pendidikan antara dua negara.

“Mudah-mudahan dengan intens terjalinnya komunikasi yang baik secara formal, hubungan secara budaya dan pendidikan semakin kuat untuk keuntungan kedua negara,” kata UBN.

Terkait bidang pendidikan, selama ini Indonesia banyak mengirimkan mahasiswa ke Arab Saudi untuk belajar berbagai disiplin ilmu.

“Saat ada 2000 lebih mahasiswa Indonesia di sana. Itu yang terdata. Belum yang di akademi Masjid Nabawi, akademi di Masjidil Haram dan akademi di luar haram,” ujar UBN yang juga Ketua Umum DPP Jalinan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI).

Kemudian para alumni Arab Saudi juga bisa berperan sebagai jembatan penghubung politik Indonesia dengan Arab Saudi.

“Terutama di tengah konflik Timur Tengah saat ini. Tentu dalam hal ini kita akan sejalan dengan pemerintah Indonesia,” kata UBN.

BACA JUGA:  Messi Segera Susul Ronaldo ke Klub Arab Saudi Al-Hilal?

Dalam acara halal bihalal Alumni Arab Saudi itu, Duta Besar Kerajaan Arab Saudi Faisal bin Abdullah Al-Amudy dijadwalkan untuk hadir. Selain menyampaikan sambutannya, sedianya Duta Besar akan memberikan arahan tentang Makkah Route Initiative, atau Inisiatif Rute Mekkah.

Inisiatif Rute Makkah adalah program Kerajaan Arab Saudi untuk memberikan kemudahan bagi para jamaah haji dari tujuh negara, termasuk Indonesia, agar dapat melaksanakan ibadah haji secara efisien, nyaman, dan aman. []

REPORTER: RHIO

Sumber Klik disini

Tinggalkan Balasan

Table of contents

Read more

Berita lainnya