fbpx
Kamis, 30 Mei 2024

Puluhan Tahun Terjadi Parlemen Prancis Baru Akan Investigasi Pencabulan di Industri Perfilman

Share

Hidayatullah.com– Parlemen Prancis, hari Kamis (2/5/2024), menyetujui pembentukan sebuah komisi guna menyelidiki kasus-kasus seksual di lingkungan industri perfilman, fenomena yang sudah terjadi puluhan tahun tetapi baru ditanggapi secara serius belakangan ini saja.

Assemblée Nationale, majelis rendah parlemen Prancis, secara bulat menyetujui pembentukan komisi itu yang diminta oleh aktris Judith Godreche dalam pidatonya di majelis tinggi, Sénat, pada bulan Februari, lansir RFI.

Dugaan dan tuduhan pencabulan di lingkungan industri perfilman Prancis – seperti halnya di Hollywood – sebenarnya sudah sejak lama terjadi, tetapi baru mendapatkan perhatian serius setelah muncul gerakan #MeToo.

Aktris dan sutradara berusia 52 tahun itu menjadi tokoh kunci dalam gerakan MeToo di Prancis sejak mengungkapkan bahwa dirinya pernah dicabuli oleh sutradara senior ternama Benoit Jacquot dan Jacques Doillon saat masih berusia belasan tahun. Kedua sutradara kawakan itu membantah tuduhan yang disampaikan Godreche.

Semua 52 wakil rakyat yang hadir dalam rapat memberikan suara dukungan untuk pembentukan komisi tersebut. Godreche hadir di kursi publik dan menyaksikan keputusan itu dibuat di oleh AN.

“Sudah waktunya berhenti menggelar karpet merah bagi para pelaku pencabulan,” kata Francesca Pasquini anggota AN dari Partai Hijau.

Komisi baru itu nantinya akan bekerja melihat kondisi anak di bawah umur yang ambil bagian dalam proses produksi di bidang sinema, televisi, teater, fesyen dan periklanan, serta orang-orang dewasa yang bekerja dengan mereka.

Keputusan parlemen itu dibuat sehari setelah aktris Isild Le Besco, 41, dalam buku otobiografinya mengatakan bahwa dia juga pernah diperkosa oleh Jacquot semasa dirinya berpacaran dengan pria yang berusia jauh di atasnya itu. Le Besco mulai menjalin hubungan asmara dengan Jacquot ketika dirinya masih berusia 16 tahun. Dia sampai sekarang belum berani melayangkan gugatan hukum.

Dakwah Media BCA – Green

Yuk bantu dakwah media BCA 1280720000 a.n. Yayasan Baitul Maal Hidayatullah (BMH). Kunjungi https://dakwah.media/

Sebaliknya, Godreche, sudah mengajukan gugatan hukum terhadap Jacquot. Godreche mulai berpacaran dengan lelaki yang berusia 25 lebih tua darinya itu sejak berumur 14 tahun.

Godreche juga menuding Doillon mencabulinya ketika dia berusia 15 tahun dan berperan di dalam sebuah film garapan sutradara senior itu.*

Sumber Klik disini

Tinggalkan Balasan

Table of contents

Read more

Berita lainnya