fbpx
Minggu, 16 Juni 2024

Pesawat Wakil Presiden Malawi Hilang di Pegunungan

Share

Hidayatullah.com– Tentara sedang melakukan pencarian di kawasan hutan di pegunungan bagian utara Malawi setelah sebuah pesawat yang membawa Wakil Presiden Saulos Chilima dan sembilan orang lainnya dilaporkan hilang pada hari Senin (10/6/1024).

Pesawat yang membawa Chilima, mantan ibu negara Shanil Dzimbiri dan delapan orang lainnya itu bertolak dari ibu kota Lilongwe pada pukul 9:17 pagi waktu setempat dan diharapkan mendarat 25 menit kemudian di bandara internasional Mzuzu, sekitar 370 km ke arah utara.

Presiden Lazarus Chakwera dalam pidato yang disiarkan langsung kanal televisi pemerintah MBC pada hari Senin malam bahwa petugas  air traffic control (ATC) di  Mzuzu meminta pilot untuk tidak mendarat disebabkan cuaca buruk dan tingkat visibilitas yang rendah.

Malangnya, tidak lama kemudian ATC kehilangan kontak dengan pesawat tersebut, yang menghilang dari radar.

Chakwera mengatakan Amerika Serikat, Inggris, Norwegia dan Israel telah menawarkan bantuan operasi pencarian dan telah menyediakan “teknologi khusus” yang diharapkan dapat membantu menemukan pesawat tersebut lebih cepat.

Presiden Malawi itu juga mengatakan pencarian akan terus dilakukan sepanjang malam dan pihak berwenang telah memanfaatkan menara-menara telekomunikasi untuk melacak posisi terakhir pesawat tersebut hingga radius 10 km dari salah satu perkebunan di sekitar Mzuzu, yang sebagian besar areanya terletak di kawasan pegunungan Viphya.

“Saya telah memberikan perintah tegas bahwa operasi harus dilanjutkan sampai pesawat ditemukan,” kata Chakwera seperti dilansir The Guardian.

Akibat insiden itu Presiden Malawi membatalkan rencana kunjungan ke Kepulauan Bahama.

Pesawat yang ditumpangi Chilima, 51, menghilang ketika dalam perjalanan ke Mzuzu untuk menghadiri pemakaman Ralph Kasambara, bekas menteri kehakiman dan kepala kejaksaan agung, di desa Chijere di bagian utara Mzuzu. Kasambara, 55, ditemukan tidak bernyawa setelah mengalami serangan jantung Jumat pekan lalu, menurut keterangan pemerintah di laman Facebook.

Beberapa hari terakhir Malawai mengalami hujan deras, terutama di bagian utara.

Chilima menjabat wakil presiden sejak 2014. Dia sebelumnya pernah memimpin perusahaan penyedia layanan telekomunikasi seluler Airtel Malawi, dan pernah bekerja di Unilever, Coca-Cola serta Carlsberg. Chilima menikah dan memiliki dua anak. Dia mendapatkan gelar PhD dalam bidang ilmu manajemen dari University of Bolton, menurut profilnya yang tercantum di website pemerintah.*

Sumber Klik disini

Tinggalkan Balasan

Table of contents

Read more

Berita lainnya