fbpx
Kamis, 23 Mei 2024

Orang Dekat Ramzan Kadyrov Mengundurkan Diri dari Jabatan Ketua Parlemen

Share

Hidayatullah.com– Magomed Daudov, yang dikenal sebagai orang dekat dan sekutu politik Ramzan Kadyrov, hari Selasa (14/5/2024) mengumumkan mengundurkan diri dari jabatan juru bicara atau ketua badan legislatif Republik Chechnya.

“Setelah berkonsultasi dengan kepala negara Republik Chechnya Ramzan Kadyrov, saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan juru bicara Parlemen Chechnya,” kata Daudov, tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut, lansir Moscow Times.

Pengunduran diri mendadak Daudov itu, dari 

jabatan yang dipegangnya selama hampir sembilan tahun, menyusul laporan sejumlah media yang mengatakan Kadyrov sejak lebih dari lima tahun terakhir memiliki sakit yang cukup berat yang kemungkinan membahayakan nyawanya.

Pengunduran diri Daudov itu bersamaan pula dengan perombakan dalam pemerintahan Rusia sejak Vladimir Putin dilantik sebagai presiden untuk periode kelima. Sebagaimana diketahui, Chechnya merupakan bagian dari Federasi Rusia dan Kadyrov merupakan sekutu politik Putin.

Daudov, yang dianggap sebagai tangan kanan Kadyrov, dulu bergabung dengan pasukan pemberontak semasa dua peperangan di Chechnya, tetapi kemudian berpindah kunu setelah Akhmat Kadyrov – pemimpin Chechnya kala itu – menjanjikan ampunan bagi anggota separatis yang meletakkan senjata.

Bulan lalu, Ramzan Kadyrov mempromosikan Daudov ke pangkat mayor jenderal. Daudov pernah menerima penghargaan Pahlawan Rusia pada 2007.

Organisasi Human Rights Watch menuduh  Daudov secara personal mengawasi penyiksaan terhadap kalangan pemuda gay di Chechnya pada awal 2017. Sebagai sanksi, Inggris memberlakukan larangan bepergian ke Inggris atas Daudov, dan menyita asetnya pada 2020 dengan tuduhan pelanggaran HAM.*

Sumber Klik disini

Tinggalkan Balasan

Table of contents

Read more

Berita lainnya