fbpx
Minggu, 16 Juni 2024

Narendra Modi Dilantik sebagai Perdana Menteri India untuk Periode Ketiga

Share

Hidayatullah.com– Narendra Modi telah diambil sumpahnya sebagai perdana menteri India untuk periode ketiga, meskipun harus menggandeng partai lain untuk membentuk pemerintahan koalisi.

Pelantikan Modi dilakukan di istana kepresidenan pada Ahad malam (9/6/2024), menjadikannya politisi India kedua yang berhasil memenangkan jabatan itu tiga kali berturut-turut, lansir The Guardian.

Modi yang tampak bersukacita berdiri di sebelah dua pentolan partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata Party (BJP) , Rajnath Singh dan Amit Shah, yang keduanya dipastikan akan kembali menjabat menteri dalam kabinet pimpinan Modi. Ketika dia melangkah ke podium untuk mengucapkan sumpah jabatan di depan Presiden Droupadi Murmu, sorak-sorai terdengar keras mengelu-elukan politisi anti-Muslim tersebut.

Sejumlah kepala negara negara tetangga menghadiri pelantikan Modi, termasuk PM Bangladesh Sheikh Hasina, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe. Turut hadir dalam acara itu dua orang terkaya di India Gautam Adani dan Mukesh Ambani, yang dikenal akrab dengan Modi, serta bintang besar Bollywood Shah Rukh Khan.

Pemerintah periode ketiga Modi ini kemungkinan akan berbeda dengan dua dekade sebelumnya, karena BJP tidak lagi menguasai kursi mayoritas mutlak di parlemen.

Modi harus mengandalkan mitra-mitra koalisi, terutama partai-partai regional yang lebih kecil, guna memastikan suara BJP di parlemen kokoh dan pemerintahan baru yang akan dibentuknya tidak mudah digulingkan.

Ini untuk pertama kalinya Modi, yang sudah biasa berada jauh di depan mengungguli lawan-lawan politiknya, harus berbagi porsi kursi di pemerintahan dengan partai-partai lain yang menjadi mitra koalisinya.

Sebagian analis meyakini kemitraan BJP dengan partai sekuler akan menimbulkan ganjalan tersendiri bagi pemerintahan Modi yang pada dua periode sebelumnya cenderung otoriter dengan kebijakan menomorsatukan kepentingan (warga) Hindu.

Sejak menduduki kekuasaan pada 2014, Modi memoles pemerintahan India yang sebelumnya cenderung sekuler menjadi condong kepada nasionalisme Hindu.*

Sumber Klik disini

Tinggalkan Balasan

Table of contents

Read more

Berita lainnya