fbpx
Minggu, 16 Juni 2024

Korea Utara Kembali Terbangkan Ratusan Balon Sampah ke Selatan

Share

Hidayatullah.com– Korea Utara kembali menerbangkan ratusan balon berisi sampah dan kotoran melintasi perbatasan masuk ke wilayah Korea Selatan. Demikian kata militer Seoul di tengah semakin gencarnya perang balon bersaudara.

Dilansir AFP, sejak Sabtu malam, Pyongyang diperkirakan sudah melepaskan 330 balon yang membawa bungkusan berisi sampah dan kotoran ke Selatan.

“Sejauh ini, sekitar 80 jatuh di daerah kami dan saat itu belum ada yang diidentifikasi terbang di udara,” kata Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata Korea Selatan hari Ahad (9/6/2024) dalam sebuah pernyataan.

“Analisis kami menunjukkan tidak ada zat-zat yang berbahaya bagi keselamatan,” katanya, seraya menambahkan bahwa balon-balon terbaru itu berisi sampah kertas dan plastik.

Pemerintah Kota Seoul, serta para pejabat di daerah sekitarnya di Provinsi Gyeonggi, mengirim pesan singkat kepada masyarakat pada Sabtu malam berisi peringatan perihal balon-balon sampah tersebut.

“Korea Utara kembali melakukan provokasi murahan dengan balon-balon sampah terhadap wilayah sipil kami,” tulis Wali Kota Seoul Oh Se-hoon di laman Facebook.

Beberapa pekan terakhir, para aktivis di Selatan gencar menerbangkan balon yang membawa selebaran anti Kim Jong-un, uang dolar dan memori stik berisi lagu-lagu K-pop, sehingga membuat Pyongyang geram dan membalasnya dengan menerbangkan balon berisi sampah.

Pada awal Juni, Pyongyang menerbangkan hampir 1.000 balon berisi puntung rokok, tisu toilet, dan berbagai sampah lain.

Penerbangan balon pada Sabtu malam merupakan aksi balasan terbaru terhadap aksi aktivis Korea Selatan yang tidak kunjung berhenti menerbangkan balon berisi ribuan selebaran anti Kim Jong-un.

Sebuah kelompok pembelot Korea Utara mengatakan bahwa mereka mengirimkan 10 balon pada hari Jumat dengan disertai radio, 200.000 selebaran anti-Pyongyang, serta memori stik berisi pidato Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol.

Hari Ahad ini Dewan Keamanan Nasional Korea Selatan menggelar pertemuan guna membahas perang balon itu.*

Sumber Klik disini

Tinggalkan Balasan

Table of contents

Read more

Berita lainnya