fbpx
Kamis, 30 Mei 2024

Ilmuwan Tiongkok Temukan Delapan Virus Misterius

Share

Hidayatullah.com—Sebuah tim ilmuwan dari China menemukan virus yang belum pernah terlihat sebelumnya ‘tersembunyi’ di sebuah pulau tropis. Bahkan, para ilmuwan juga memperingatkan bahwa virus misterius itu mungkin bisa menginfeksi manusia.

Yuk bantu dakwah media BCA 1280720000 a.n. Yayasan Baitul Maal Hidayatullah (BMH). Kunjungi  https://dakwah.media/

Daily Mail melaporkan, tim peneliti mengambil sekitar 700 sampel dari tikus yang berkeliaran di Hainan, dekat pantai selatan Tiongkok.  Sebanyak delapan virus baru, termasuk yang dikatakan sejenis dengan Covid-19, diidentifikasi melalui proyek penelitian yang didanai pemerintah China.

Para ahli mengatakan patogen yang ditemukan menunjukkan ‘kemungkinan besar’ untuk menginfeksi manusia jika melintasi spesies.  Dalam hal ini, para peneliti mendesak dilakukannya percobaan lebih lanjut terhadap virus tersebut untuk mengetahui secara akurat dampaknya terhadap manusia.

Temuan penelitian ini dipublikasikan dalam Jurnal Virologica Sinica terbitan China Society of Microbiology (CSM).  Studi baru ini menganalisis 682 usapan tenggorokan dan anus yang dikumpulkan dari berbagai spesies tikus yang ditangkap di Hainan antara tahun 2017 dan 2021.

Sampel yang dikategorikan menurut spesies tikus dan lokasi di pulau tersebut kemudian dikirim ke laboratorium untuk dipelajari.  Analisis tersebut mengungkapkan sejumlah virus baru termasuk virus corona yang dijuluki CoV-HMU-1 terdeteksi.

CoV-HMU-1 ditemukan sebagai betacoronavirus, subgenre virus corona yang mencakup Covid-19.  Selain itu, para ilmuwan juga menemukan beberapa patogen baru pada kelompok virus lain.*

Sumber Klik disini

Tinggalkan Balasan

Table of contents

Read more

Berita lainnya