Heboh! Transaksi Pakai Dinar dan Dirham

banner 468x60
Bagikan:

Jakarta – Bank Indonesia (BI) merespons kabar transaksi dengan koin dinar dan dirham di pasar muamalah di Jalan Raya Tanah Baru, Beji, Depok, Jawa Barat. BI menyatakan dengan tegas jika mata uang rupiah merupakan satu-satunya alat pembayaran yang diakui di Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam siaran pers, Kamis (28/1/2021) kemarin.

Erwin menuturkan, rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah sesuai dengan Pasal 23 B UUD 1945 jo. Pasal 1 angka 1 dan angka 2, Pasal 2 ayat (1) serta Pasal 21 ayat (1) UU Mata Uang.

Dengan begitu, setiap transaksi dengan tujuan pembayaran yang dilakukan di wilayah NKRI wajib menggunakan nilai tukar rupiah.

Menyusul kabar viral adanya transaksi tanpa menggunakan mata uang rupiah, aparat pemerintah mendatangi pasar tersebut pada Kamis (28/1/2021) kemarin.

Zakky menyebut, pasar yang beroperasi setiap dua pekan sekali pada hari Minggu tersebut tanpa izin ke pihak dari kelurahan ataupun pengurus lingkungan setempat.

Di sana, barang-barang yang diperjualbelikan beraneka ragam, di antaranya sandal nabi, parfum, makanan ringan, kue, madu, dan pakaian.

Selain menerapkan transaksi dinar dan dirham, pasar itu disebut-sebut tak menarik sewa dari para pedagang. Pasar Muamalah itu diketahui bukan baru buka tahun ini. Keberadaan pasar tersebut dapat dilacak dari riwayat digitalnya melalui berbagai pemberitaan dan publikasi sejak 2016.

Meski begitu, Zakky mengakui Pasar Muamalah ini kembali disoroti baru-baru ini karena menerima transaksi dinar dan dirham.

Dugaan adanya transaksi jual beli dengan mata uang asing tersebut melanggar Peraturan Bank Indonesia (PBI) No 17/3/PBI/2015 yang mengatur tentang kewajiban transaksi menggunakan rupiah di mana berlaku sejak 1 Juli 2015. Beleid tersebut bertujuan untuk menegakkan penggunaan rupiah serta mendukung stabilitas ekonomi makro.

READ  Habib Hasan bin Hud Assegaf Wafat, Umat Islam Pasuruan Berduka

(Afg/IJS)

banner 300x250
Bagikan:

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *