fbpx
Minggu, 23 Juni 2024

Peringatan May Day: 50 Ribu Buruh Bakal Demo di Istana, Tuntut Pencabutan UU Ciptaker dan Hostum

Share

JAKARTA (Arrahmah.id) – Hari Buruh Sedunia yang diperingati tiap tanggal 1 Mei atau May Day bakal diwarnai aksi damai yang melibatkan 50 ribu buruh berasal dari Jabodetabek. Aksi demo ini dipusatkan di Istana Presiden, Jakarta Pusat.

Menurut Presiden Partai Buruh yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, aksi dilakukan di Istana sejak pukul 9.30 hingga 12.30 WIB.

“Setelah pukul 12.30 WIB, 50 ribu buruh akan bergerak dari Istana ke Istora Senayan untuk merayakan May Day Fiesta,” ujar Said Iqbal, Jakarta, Jumat (26/4/2024), lansir Inilah.com.

Dia mengungkapkan, aksi May Day ini juga akan dilakukan serempak di seluruh Indonesia dengan melibatkan ratusan ribu buruh, Mulai dari Serang, Bandung, Semarang, Surabaya, Jogja, Batam, Medan, Banda Aceh, Palembang, Padang, Bengkuku, Pekanbaru, Jambi, Lampung, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Pontianak, Makassar, Konawe, Morowali, Gorontalo, Ambon, Ternate, Jayapura, Mimika, Lani Jaya, Tolikara, dan lain sebagainya.

Ada dua isu utama yang diperjuangkan buruh, kata Said Iqbal, yakni cabut Omnibus Law UU Cipta Kerja (UU Ciptaker). Isu kedua adalah hapuskan outsourcing serta tolak upah murah (Hostum).

“Untuk May Day Fiesta, akan diselenggarakan di Istora Senayan dan diisi oleh orasi-orasi. Di antaranya adalah orasi kebangsaan Presiden Partai Buruh dan orasi pimpinan serikat buruh,” ujarnya.

Momentum Hari Buruh Sedunia ini, Partai Buruh dan KSPI berharap Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih, memperhatikan dua isu utama tersebut.

Partai Buruh dan KSPI menyambut dan menyetujui dengan penetapan KPU RI yang telah menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang telah resmi ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih yang akan dilantik pada Oktober 2024,” kata Said Iqbal.

Dia juga menyampaikan, Partai Buruh dan Buruh Indonesia mengucapkan selamat seraya berdoa untuk pasangan Prabowo-Gibran bisa menjalankan tugas kebangsaan dan kerakyatan dengan lancar dalam lima tahun ke depan.

“Selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka,” pungkasnya.

(ameera/arrahmah.id)

Sumber Klik disini

Tinggalkan Balasan

Table of contents

Read more

Berita lainnya